Organda Makassar Rencana Naikkan Tarif Angkutan Kota Jenis Pete-Pete

  • Whatsapp

Makassar, SembilanTigaCommunity.com

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Makassar berencana akan naikkan tarif angkutan kota jenis pete-pete. Kenaikan tarif ini atas permintaan sopir pete-pete, dimana jarak tempuh dan pemasukan dianggap tidak seimbang.

Keluhan ini khususnya disuarakan sopir pete-pete jalur Daya-Sentral dan Sudiang-Sentral, ataupun trayek Sentral-Laikang. Karena itulah, Organda Makassar berencana untuk melakukan penyesuaian tariff angkutan pete-pete.

Ketua Organda Makasasr, Sainal Abidin, mengatakan, pihaknya telah melakukan survei di lapangan. Dari survei ini, jarak tempuh Laikang-Sentral sekirar 30 km, sementara tarif yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 5.000.

“Ini yang dikeluhkan teman-teman. Tarif ini merugikan supir pete-pete,” katanya.

Sesuai keinginan sopir pete-pete, mereka meminta agar ada penambahan tarif pete-pete sebesar Rp 2.000, khusus di jalur Laikang-Sentral, Sudiang-Sentral, dan Daya-Sentral.

Selama ini, tarif dari Pasar Sentral hingga Sudiang dan Laikang tidak memiliki aturan harga. Karena itu, sopir biasanya mematok tarif Rp 5.000 hingga Rp 6.000.

“Meski harga bahan bakar tidak naik, namun tarif opersional dan maintenance yang sangat tinggi, hingga hasil pendapatan dan pengeluaran tidak sebanding,” katanya.

Meski demikian, Zainal mengatakan bahwa pihaknya belum secara resmi melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Kota Makassar. Namun, pihaknya akan diupayakan untuk bertemu dengan instansi terkait Senin pekan depan ini.

banner 300x250

Related posts

Banner IDwebhost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *