9 Tips “Branding” Promosi Kampus

  • Whatsapp
Foto penyambutan mahasiswa baru Universitas Islam Makassar (UIM) salah satu perguruan tinggi swasta di Makassar
Banner IDwebhost

Persaingan penerimaan calon mahasiswa baru diantara perguruan tinggi saat ini semakin ketat, disebabkan jumlah perguruan tinggi semakin banyak dan masing-masing menawarkan keunggulan layanan. Oleh karena itu setiap perguruan tinggi harus berupaya memberikan branding dengan ciri khas yang unik untuk mengenalkan kampus kepada calon mahasiswa baru.

Branding yang baik akan memberikan daya tarik dan menarik minat calon mahasiswa baru. Apalagi saat ini tidak hanya perguruan tinggi yang ada di Indonesia tetapi perguruan tinggi dari luar juga sedang gencar-gencarnya melakukan promoasi.

Berikut 9 tips Strategi “branding” yang ditawarkan dapat menjadi bahan referensi bagi pengelola perguruan tinggi:

1. Akreditasi

Pertama kali yang akan di lihat oleh para calon mahasiswa atau stakeholder tentunya akreditasi, oleh karena itu sangat penting bagi perguruan tinggi negeri maupun swasta melakukan akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT. Strategi branding ini yang sangat bagus untuk diterapkan, akreditasi bukan hanya menarik minat calon mahasiswa akan tetapi juga menarik beberapa instansi untuk bekerjasama.

Kenapa kampus yang terakreditasi baik banyak peminatnya, alasanya jelas, bagi calon mahasiswa kampus yang terakreditasi lebih terlihat berkualitas dan tentunya akan mempengaruhi untuk digunakan dalam dunia kerja.

2. Digital Promosi

Selain tim marketing secara offline dan promosi melalui media offline meningkatkan jumlah mahasiswa saat ini sangat efektif melalui media online. Kampus atau perguruan tinggi harus membranding kampusnya secara online. Karena saat ini kita liat banyak dari kita menggunakan yang namanya gadget atau smartphone. Semua bisa mengakses internet, dengan digital branding tentu saja jangkauan promosi akan lebih luas. Sehingga calon mahasiswa yang tadinya tidak tahu mengenai kampus tersebut, dengan internet mereka lebih mengenal kampus tersebut. Digital branding akan membranding kampus sekaligus membantu orang yang jauh lebih mudah memperoleh informasi kampus tanpa harus datang ke lokasi.

3. Peningkatan Kualitas Jasa Melalui Sistem Informasi

Teknologi saat sudah menjadi bagian tidak terpisahkan bagi instansi pendidikan, dan ini sangat bermanfaat untuk digunakan alat branding kampus untuk menarik mahasiswa baru dengan pelayanan yang serba canggih. Memang sistem informasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan, seperti pelayanan dalam hal PMB, pelayanan akademik, SDM serta seleksi pegawai, training dan pelatihan, serta sistem penggajian menjadi lebih canggih. Kampus yang menggunakan sistem informasi lebih terlihat profesional, dan pastinya menarik minat para calon mahasiswa.

Dengan mengembangkan sistem informasi, kampus juga dapat banyak sekali manfaat, seperti: laporan-laporan yang tertata rapi sehingga memudahkan para pegawai, dan memperoleh data yang detail dan valid untuk data evaluasi, serta dapat dibuat data pengambilan keputusan oleh pimpinan untuk kemajuan kampus tentunya.

4. Chief Marketing Officer

Kampus juga perlu memiliki chief marketing officer (CMO), tentu dengan tugas  pokok untuk memasarkan atau branding kampus. Memang pada saat ini dirasa sangat penting untuk sebuah kampus untuk memiliki chief marketing officer (CMO), karena dengan adanya pusat marketing kampus, pemasaran dan promosi jadi lebih terorganisir dan tertuju pada sasaran yang tepat. Akan tetapi biasanya di sebuah instansi pendidikan bagian ini di handel oleh bagian humas kampus.

5. Beasiswa

Cara ini sudah tidak asing lagi, karena sebagian besar kampus-kampus pasti menggunakan cara ini untuk melakukan branding kampus. Karena cara ini sangat memberikan dampak postif bagi kampus dan juga sangat bermanfaat bagi para penerima, sehingga dapat menarik minat para calon mahasiswa baru.

6. Different

Branding yang tidak boleh terlewatkan lagi adalah punya pembeda atau keunikan tersendiri dari kampus-kampus lain, seperti mempunyai jurusan yang jarang ada di kampus lain, akan tetapi membuka banyak peluang kerja. Atau mempunyai slogan yang unik  juga termasuk dalam strategi branding ini, banyak kampus yang menerapkan branding ini seperti kampus UMI Makassar “Berilmu Amaliah dan Beramal Ilimah”, Universitas Utara Malaysia “Ilmu Budi Bakti”, UPN Veteran Surabaya, mereka membrending kampus mereka dengan ungkapan unik/slogan yaitu “Kampus Bela Negara,  tentu ini akan memberi dampak pada emosi para calon pendaftar, ada juga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dengan semboyan mereka yaitu “Kampus Semangat Pagi”. Dll. Keunikan itu akan melekat di otak para calon mahasiswa dan akan lebih menarik para calon mahasiswa baru.

7. Mempunyai Pusat Career Center

Strategi yang satu ini baru-baru tercetus, karena dirasa penting dan sangat diperlukan bagi para alumni yang membutuhkan bimbingan atau mengetahui tentang lowongan kerja serta mendapat informasi tentang perusahaan yang telah bekerjasama dengan universitas mereka. Dan ini branding yang sangat bagus, karena rata-rata para calon mahasiswa baru akan melihat apakah setelah lulus mereka akan diperhatikan oleh kampus untuk melanjutkan di dunia kerja.

Ban-PT pun sangat menganjurkan adanya Pusat Career Center ini, yaitu dengan dianjurkannya bagi setiap perguruan tinggi memantau para lulusan sebagai salah satu point penilaian dalam akreditasi. Biasanya pemantauannya menggunakan Aplikasi Tracer Study.

8. Alumnus Sebagai Pemasar Perguruan Tingggi

Tidak dapat dipungkiri lagi, kalau alumni juga branding yang bagus bagi kampus, karena alumni akan menjadi tolak ukur bagi para calon mahasiswa baru, seperti para alumni yang berprestasi akan dijadikan kaca perbandingan oleh sebagian besar calon mahasiswa karena mereka juga ingin merasakan kesuksesan yang sama.

9. Publikasi Universitas

Publikasi universitas banyak cara, salah satunya memanfaatkan website universitas. Banyak sekali yang dapat di publis, mulai profil, progam study/jurusan, beasiswa maupun informasi terkait kampus dan lain sebagainya.

Publikasi dalam bentuk lain dan mempunyai dampak signifikan yaitu dengan mengirimkan berita atau penelitian ke jurnal atau media-media publikasi internasional, seperti newsletter dan majalah pendidikan. Dengan cara tersebut reputasi dari sebuah universitas akan terbentuk, tentu konten berita atau penelitian yang dikirimkan harus menarik dan layak untuk diperbincangkan di tingkat internasional, sudah pasti universitas akan semakin terkenal dan mempunyai branding yang kuat, dan ini sangat bermanfaat bagi kampus.

Mengikuti konfrensi Nasional dan Internasional. Dalam mengikuti konfrensi ini, tentu para pimpinan akan membicarakan kampus mereka, yaitu ingin menegenalkan kampus mereka kepada pihak luar, jadilah ajang konfrensi ini branding kampus. Jika sebuah instansi pendidikan tak asing di telinga para pimpinan kampus dalam dan luar negeri, pasti akan banyak tawaran kerjasama antar kampus, dan ini dapat meningkatkan eksistensi kampus tersebut sehingga para calon mahasiswa tertarik untuk mendaftarkan diri di kampus yang memiliki partner universitas dalam dan luar negeri.

Refrensi :

https://garudacyber.co.id/artikel/1654-teknik-promosi-kampus-dalam-meningkat-mahasiswa-baru

https://sevima.com/strategi-branding-perguruan-tinggi-untuk-menarik-minat-mahasiswa-baru/

banner 300x250

Related posts

Banner IDwebhost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *