10 Kerjasama ASEAN di Bidang Pendidikan

  • Whatsapp

Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang kerja sama yang menjadi perhatian khusus negara anggota ASEAN. Indonesia dan juga AMS lainnya turut berpartisipasi aktif  dalam meningkatkan kualitas pendidikan di ASEAN dan juga daya saing sumber daya manusia di ASEAN melalui mekanisme kerja sama badan sektoral ASEAN Senior Officials Meeting on Education (SOM-ED) dan ASEAN Education Ministers Meeting (ASED).

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. 

Read More

banner 300250


Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

ASEAN dibentuk dengansalah satu tujuannya adalah memajukan pendidikan di kawasan Asia Tenggara dengan meningkatkan kerjasama pendidikan antar aggotanya.

Beberapa gerakan nyata yang dilakukan ASEAN dalam menjalin hubungan di bidang pendidikan diantaranya :

1. Dibentuknya The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) tanggal 30 November 1965. Sedangkan kerjasama pendidikan dalam kerangka ASEAN dilakukan oleh ASEAN Committee on Social Development (COSD), yang kemudian diubah menjadi ASEAN Sub-Committee on Education (ASCOE), dan diubah lagi menjadi ASEAN Committee on Education (mempergunakan akronim yang sama: ASCOE) pada sidang ke-9 ASCOE di Vientiane, Laos, 26 – 27 September 2001.

2. Pensinkronisasian standar ijasah antar negara anggota ASEAN.

3. Peningkatan ilmu pengetahuan kalangan pemuda ASEAN dalam proses integrasi regional.

4. Pembentukan kelompok peneliti antar negara.

5. Pertukaran pelajar antar negara anggota.

6. Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara anggota ASEAN agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional.

7. Pembentukan kurikulum sekolah di negara –negara ASEAN yang berprinsipkan demokrasi, berorientasi pada perdamaian, serta menghargai HAM.

8. Pembentukan ASEAN University Network (AUN) yang merupakan jaringan kerjasama antar universitas terkemuka di ASEAN. AUN dibentuk dengan tujuan memajukan sumber daya manusia, khususnya dengan memperkuat jaringan kerjasama antar universitas dan lembaga pendidikan di ASEAN.

9. Penawaran Beasiswa Pendidikan. contohnya Singapura memberikan beasiswa latihan pengolahan jasa pelabuhan udara,kesehatan dan keselamatan kerja industri,komunikasi bahari dan lain². Contoh lain: Indonesia memberikan beasiswa pendidikan kedokteran,bahasa dan seni kepada pelajar negara² anggota ASEAN dan kawasan negara berkembang.

10. Negara-negara ASEAN memanfaatkan beasiswa untuk belajar diberbagai universitas dinegara-negara ASEAN dan Jepang atas biaya yg diberikan oleh ASEAN-Japan Scholarship Fund (Dana Beasiswa ASEAN-Jepang)

Demikian artikel 10 Kerjasama ASEAN di Bidang Pendidikan semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian. 

Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang kerja sama yang menjadi perhatian khusus negara anggota ASEAN. Indonesia dan juga AMS lainnya turut berpartisipasi aktif  dalam meningkatkan kualitas pendidikan di ASEAN dan juga daya saing sumber daya manusia di ASEAN melalui mekanisme kerja sama badan sektoral ASEAN Senior Officials Meeting on Education (SOM-ED) dan ASEAN Education Ministers Meeting (ASED).

Kemajuan kerja sama ASEAN di bidang pendidikan, antara lain ditandai dengan disepakatinya deklarasi penguatan kerja sama bidang pendidikan melalui Cha-Am Hua Hin Declaration on Strengthening Cooperation on Education to Achieve an ASEAN Caring and Sharing Community pada KTT ke-15 ASEAN di Hua Hin, Thailand tanggal 23-25 Oktober 2009. Deklarasi tersebut ditujukan sebagai persiapan menuju Masyarakat ASEAN 2015. Penguatan kerja sama pendidikan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, baik di tingkat regional maupun global. Dalam memperkuat pemahaman mengenai ASEAN, ASEAN telah menyusun ASEAN Curriculum Sourcebook sebagai pedoman bagi lembaga pendidikan di negara-negara anggota ASEAN untuk menyebarluaskan pengetahuan mengenai ASEAN di kalangan siswa.

Beberapa inisiatif yang diimplementasikan oleh Pemri antara lain adalah, (i) implementasi ASEAN Credit Transfer System (ACTS); (ii) fasilitasi Kemlu dalam pembentukan 56 Pusat Studi ASEAN di berbagai perguruan tinggi di Indonesia; (iii) komitmen Indonesia dalam mengimplementasikan Plan of Action to Implement the Phnom Penh Declaration on the EAS Development Initiative (2014-2015) khususnya di bidang standarisasi mekanisme pengajaran, vocational dan technical training, mobilitas pelajar dan interoperability mekanisme kualifikasi nasional dan regional; dan, (iv) bersama Plus Three Countries mengimplementasikan inisiatif East Asia Vision Group II (EAVG II) diantaranya adalah rencana pembentukan jaringan universitas di Asia Timur.

Badan Sektoral ASEAN yang menangani:

  • ASEAN Education Ministers Meeting (ASED)
  • Senior Officials Meeting on Education (SOM-ED)

Instansi Penjuru (focal point) tingkat nasional:

  • Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
banner 300x250

Related posts

Banner IDwebhost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *